Mendidik Anak di Era Digital Native

Hari ini, Sabtu, 6 Mei 2017 memberikan materi parenting untuk wali murid siswa kelas 6 SD Al Azhar Kelapa Gading Surabaya (Alazka Surabaya). Dilanjutkan motivasi siswa kelas 6 SD Alazka Surabaya, oleh Ustad Rifa’i.

Era digital native adalah generasi ketika perkembangan teknologi digital dan langsung bisa berinteraksi dg alat tersebut, internet. Saat inilah era digital native itu. Anak bisa dg mudah mengakses semua infornasi yg positif maupun negatif. Hal ini tidak bisa dicegah atau dihentikan, tetapi perlu solusi positif dalam pemanfaatan IT.

Orang tua dan guru bukan sekedar mengantarkan anak anak agar mendapatkan nilai bagus saat ujian. Tidak kalah penting adalah nenemukan potensi dan mengembangkan potensi. Di saat anak anak bisa mengetahui potensi dan dia tahu potensi yg dimiliki, maka anak anak akan bisa menjaga potensi itu dan mengembangkannya. Guru dan orang tua mempunyai peran besar dan penting dalam hal ini.

Anak tidak boleh menjadi tumbal ambisi orang tua. Banyak orang tua yg sibuk menginginkan anaknya menjadi sesuai sesuai keinginan orang tua. Sementara anak sudah menjadi dirinya sendiri dg berbagai potensi yang ada. Jangan kubur potensi anak, tetapi kembangkan potensi yg telah dimiliki anak. Yakinlah anak anak akan menjadi pemimpin hebat di masa yg akan datang. Doa dan keridhoan orang tua menjadi kunci. Amin

Written by

No Comments Yet.

Leave a Reply

Message